Cara melihat alokasi RAM Pada Sistem Android

Cara melihat alokasi RAM yang terpakai dan tersisa pada sistem androidCara Cek Sisa Free space dan Used Space RAM Android - Ruang kosong pada RAM memang harus diketahui oleh anda karena apabila tidak anda cek mungkin saja bisa terjadi gangguan fungsi pada perangkat android, perlu diingat semkain banyak aplikasi diinstall di android anda maka semakin banyak pula kapasitas memori dan RAM yang terisi atau tepakai.

RAM sangat membantu kinerja perangkat keras lainnya seperti Processor. Dimana proses yang sedang berlangsung akan tersimpan secara sementara ( non permanen ). Semakin besar ukuran RAM pada sebuah smartphone maka semakin cepat dan stabil pula kinerja sistem operasi yang sedang berjalan. Semua informasi baik dari aplikasi maupun informasi dari perangkat akan tersimpan sedemikian rupa di dalam RAM untuk mempercepat proses yang dikerjakan oleh chipset atau prosessor smartphone tersebut.

Nah, Sesudah sedikit paham dengan apa itu ram dan Kinerjanya yang penting dari sebuah ponsel pintar, maka sekarang Dunia android akan memberikan tips cara melihat alokasi RAM yang terpakai dan tersisa pada sistem android ponsel anda. Simak caranya di bawah ini.

Cara Cek Kapasitas Memori RAM Yang Terpakai dan Yang Tersisa di Android
  • Silahkan masuk ke menu pengaturan atau setting di smartphone anda.
  • Setelah itu masuklah ke menu 'APL' atau aplikasi di pengaturan.


  • Maka akan terbuka tampilan pada layar beberapa aplikasi yang anda miliki dan aplikasi atau proses yang sedang berjalan.
  • Silahkan geser layar ke arah kanan atau kiri dan temukan tab 'menjalankan' yang artinya tampilan akan menunjukkan proses apa saja yang sedang berjalan saat itu juga.
  • Nah, di bawah sendiri akan terlihat besarnya RAM yang tersisa maupun RAM yang terpakai pada ponsel anda. Lihat contoh di bawah ini.


Dengan mengetahui alokasi RAM yang tersisa maupun RAM yang terpakai di ponsel anda akan mempermudah anda dalam memanage aplikasi yang anda jalankan. Apabila sisa RAM tinggal sedikit maka anda bisa mematikan beberapa proses atau aplikasi yang sedang berjalan agar ruang RAM bisa sedikit lega untuk membuka aplikasi-aplikasi android berikutnya.
Tag : tools
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back To Top